Senin, 17 Maret 2008

Memulai memprogram Atmega

Halaman ini memulai menggunakan ATMEL ATMEGA128 microcontroller. Disini ada schematic, board layout, and source code. Juga tentang 100% free software.

Pertama anda harus punya Atmega DAtashet ATmega128 dan pelajari dengan baik. Download di internet dengan mengetikkan datasheet Atmega128 pasti akan keluar seabrek datasheet. Kalau anda ingin mudah dan cepat belajar menguasai Atmega128 langsung aja beli development kit nya di BDMICRO dan pilih MAVRIC-IIB. Tapi lumayan mahal juga.
Hanya dengan development tool itu anda bisa lebih cepat belajarnya.
Karena menyediakan contoh program, contoh schema dll.

Tapi kalau anda tidak mau beli masih banyak cara yang bisa kita lakuakn.
Ya membuat sendiri development kit. Tapi ini juga pekerjaan yang tidak mudah dilakukan. Ok sekarang terserah anda mau pilih yang mana. Atau bisa juga anda membeli development tool kami yang siap juga dipakai dengan harga yang lebih murah dan tidak perlu import.

Sekarang mari kita mulai pelajran kita:
Kamu sekarang sudah punya development kit, tapi anda misalnya hanya bisa bahasa C. bahasa assembly sungguh sulit. Nah untuk itu bagaimana cara mengkompile bahasa C kedalam Bahasa Mesin, dengan ekstensi .HEX.

Nah sekarang arahkan browser anda sekali lagi buka homepage GOOGLE. Google memang handal, kenapa saya bilang handal karena banyak membantu kita dalam banyak hal, juga yang lebih menarik google TOTALLY menggunakan opensource. Nah sekarang tinggal kita pintarnya menggunakan segudang fasilitas Open source.
Ketik WinAVR, ini adalah compiler sekaligus untuk menulis program C anda. Kalau dilinux crossdev. Itu semua sudah include avr-libc. Apa sich avr-libc itu, avr-libc adalah library kumpulan fungsi-fungsi untuk memprogram Atmega dengan menggunakan bahasa C. Jadi sangat penting anda membaca dengan seksama library ini. Anda akan sukses jika telah menguasai library ini. Tidak usah dihafalkan tapi difahami karena kan nanti bisa menggunakan ctrl+f tinggal tulis apa yang dinginkan di file PDF yang memuat tentang library ini.

Nah itu tentang opensource untuk memogram AVR/ATmega. Tapi anda juga bisa menggunakan yang komersial. Tapi sangat mahal saya rasa cukup dengan opensource itu dan anda bisa langsung memulai project anda.

Seperti yang saya jelaskan diawal2 web ini, bahwa Atmega mempunyai ISP (In-System Programming). Dan jika anda ingin melakukan pendebugan anda membutuhkan alat tambahan luar yang support JTAG, tapi untuk smentara target kita bisa menuliskan program yang dibuat di C yang telah dirubah ke dalam bentuk .HEX kedalam Mikrokontroler. Apa JTAG interface itu? JTAG interface adalah bisa ISP tapi juga bisa debug. Jadi kalau kamu sering menggunakan visual basic misalnya dengan memencet tombol f8 anda akan melihat step by step jalannya program, spt itu.


Tadi anda sudah temukan compilernya, skrg pekerjaan selanjutnya adalah bagaimana memasukkan data itu ke mikrokontroler?, jawabannya menggunakan software gratis juga, anda bisa menggunakan PonyProg2000 atau avrdude. ini bisa digunakan di linux ataupun windows. Bisa serial dan parallel. Kalau serial agak sedikit lama, jika punya parallel port bisa lebih cepat. Nah selamat belajar dan mencoba.


Oleh Ikhwan_ghazi

Tidak ada komentar: