Senin, 17 Maret 2008

Membuat Website dengan mudah

Dahulu sekitar beberapa tahun yang lalu sebelum ada opensource CMS maka orang yang bisa membuat website terlihat mahir sekali. Tapi sekarang setelah hadirnya opensource CMS itu bisa dilakukan oleh siapa saja, terlebih adanya blog-blog yang tersedia secara gratis oleh penyedia layanan blog tersebut.


Apaitu opensource CMS?, opensource CMS adalah Content management system yang gratis. Namanya sudah menunjukkan bahwa itu bakal melakaukan manajemen sebuah system. Dalam hal ini isi dari website yang akan kita tampilkan di manajemen oleh yang namanya CMS itu. Kita tinggal setup dan kemudian memasukkan artikel, berita, atau apapun itu. Dan masalah koding semuanya telah diatur oleh CMS. Tentunya CMS ini tidak bisa mengerjakan semuanya, CMS ini hanya terbatas pada homepage2 yang umum misalnya homepage perusahaan, homepage pribadi, homepage yayasan, homepage dakwah dan islam dll. Yang kesemuanya itu sifatnya umum. Nach untuk yang sifat nya specifik misalnya sistem informasi perpustakaan berbasis web, sistem internet banking, aplikasi online dll masih belum bisa dilakukan oleh opensource CMS ini, mungkin kedepannya ada orang yang akan membuatnya, tapi tetap pekerjaan yang specifik akan kecil kemungkianan dikerjakan oleh seseorang kecuali atas pesanan. Karena aplikasi2 tersebut diprogram sangat spesifik sesuai dengan kebutuhan. Dan hanya dikerjakan oleh seorang web developer.

Apa saja CMS di dunia sekarang ini, hanya hanya membahas CMS yang Open souurce. Sejak semual saya hanya akan berkonsentrasi kepada yang Open source. Karena kalau tidak opensource terasa kita sangat tergantung dan juga riskan terjadinya pembajakan.
Diantaranya adalah:
JOOMLA
DRUPAL
MAMBOO

Tidak ada komentar: